HomeMarketing

Email Marketing Untuk Pemasaran Properti: Panduan Lengkap

Email Marketing Untuk Pemasaran Properti: Panduan Lengkap
Like Tweet Pin it Share Share Email

Apakah Anda ingin tahu bagaimana caranya menggunakan email marketing untuk properti agar penjualan Anda meningkat?

Email marketing adalah cara yang paling efektif untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan Anda dan mengarahkan mereka menjadi pelanggan setia Anda.

Kalau dijelaskan secara sederhana Email Marketing Sebagai metode promosi yang dilakukan dengan cara mengirimkan email yang berisi pesan komersil atau persuasif. Untuk mengarahkan penerima email ke situs kita yang dipromosikan.

Salah satu tantangan promosi dengan strategi ”email marketing” adalah terdapat pada pembangunan email list. Dimana Anda harus mengumpulkan email yang nantinya akan Anda kirimimkan untuk menjadi target promosi.

Tahapan Awal Membangun Email Marketing untuk marketing properti

Hal pertama yang paling penting untuk Anda lakukan adalah meminta izin pada pelanggan atau calon pelanggan Anda.

Sebagai contoh saya sebagai seorang Marketing Properti selalu meminta alamat email pada saat tamu kunjungan ke lokasi proyek perumahan saya, ataupun biasanya saat kita berkunjung ke website-website, banyak yang meminta untuk memasukkan email, disitulah langkah awal kita membangun email list.

Ketika anda sudah mendapatkan calon pelanggan baik itu di lokasi proyek maupun dari website Anda, kalau anda tidak meminta email mereka maka mereka akan pergi dan segera lupa dengan anda.

Karena itulah online marketer profesional selalu membangun email list. Berikut beberapa kelebihan kenapa Anda harus memulai Email Marketing dalam melakukan promosi properti :

  • Pengguna email jarang mengganti email
  • Pengguna email selalu membuka email secara rutin
  • Tidak ter-filter oleh algoritma (Facebook)
  • Tidak tertutupi oleh update dari orang lain (Facebook & Twitter)
  • Memberikan ROI dan tingkat konversi tertinggi

email roi

Email juga memberikan konversi terbesar apabila dibandingkan dengan traffic dari search engine dan jejaring sosial.

Selain itu mengirimkan email lebih efektif daripada media lainnya:

  • Lebih personal. Karena email pada dasarnya adalah media komunikasi, mengirimkan email berkesan lebih personal. Email yang anda kirimkan akan terasa lebih personal, kalau dikirimkan dengan tepat. Dengan email, orang lain juga dapat mengirimkan pesan untuk anda secara langsung.
  • Tepat sasaran. Orang yang mendaftarkan dirinya di email list anda adalah mereka yang jelas-jelas tertarik dengan produk anda, atau hasil karya anda. Orang-orang inilah yang ingin mendengar informasi lebih lanjut dari anda. Kalau anda menjual produk, anggota email list anda akan cenderung lebih mungkin untuk membeli dibandingkan orang lain.
  • Untuk menjalin hubungan. Sangat penting untuk menjalin hubungan dengan orang yang tertarik dengan produk anda. Dengan email list, anda bisa membangun hubungan yang lebih erat dengan mereka sehingga anda jadi lebih terpercaya.
  • Proaktif. Kalau di blog, anda menulis kemudian menunggu orang lain datang dan membacanya. Ini bisa dibilang sebagai usaha pasif. Dengan email, kita secara aktif mengirimkan email langsung ke inbox mereka.
  • Lebih murah. Meskipun email marketing tool membutuhkan biaya, tapi biaya ini jauh lebih mudah sebagai biaya pemasaran dibandingkan menggunakan media iklan. Selain lebih murah, email marketing juga lebih hemat waktu.
  • Jangkauan lebih besar. Social media juga bisa digunakan untuk menjalin hubungan dengan audience. Tapi email bisa menjangkau lebih banyak orang karena postingan di Facebook seringkali difilter oleh sistemnya sehingga tidak muncul di news feed follower anda. Sedangkan di Twitter arus informasinya terlalu deras, ada kalanya tweet dari anda tidak terbaca. Walaupun begitu, social media juga sangat penting.

 

Email Marketing Tools

Ada banyak tools yang sebenarnya bisa membantu Anda untuk membangun dan mengelola email marketing Anda. Berikut adalah beberapa email marketing tools terbaik yang kami rangkum untuk Anda!

 

MailChimp adalah email marketing software yang sangat populer di kalangan para pebisnis online. Bagi Anda yang baru memulai email marketing, tool ini sangat mudah diikuti. Anda juga akan mendapatkan user interface yang intuitif dari MailChimp. Tool satu ini gratis untuk 2000 subscriber yang Anda miliki. Bagaimanapun juga, jika Anda ingin fitur yang lebih optimal dan menarik, Anda perlu beralih ke versi berbayar. Tentunya semakin besar email list yang Anda bangun, semakin mahal biaya yang perlu Anda bayar.

 

Constant Contact dapat dikatakan sebagai layanan email marketing terbesar di dunia. Tool ini mengizinkan Anda untuk memanajemen subscribers Anda dan membuat email yang profesional dengan template bervariasi dan drag-and-drop editing tools. Anda dapat mencobanya gratis selama 60 hari, setelah jangka waktu tersebut Anda perlu membayar.

HubSpot merupakan all-in-one marketing software yang bisa memberi Anda lebih banyak keuntungan dibanding kedua tools yang kami paparkan sebelumnya. Software ini didesain untuk memenuhi kebutuhan perusahaan mulai dari perusahaan berskala kecil hingga besar sekalipun. HubSpot juga dapat membantu Anda terkait SEO dan meningkatkan conversion rate. Anda memang perlu membayar untuk mengakses software ini, tetapi bagi kami sangat sesuai harga dan kualitasnya.

Jadi kesimpulannya, email marketing merupakan usaha pemasaran yang lebih efektif dibandingkan media-media lainnya kalau dilakukan dengan tepat. Maka dari itu tidak heran kalau bisnis-bisnis online besar selalu meminta email pengunjungnya.

Mulailah dari sekarang menggunkan email marketing dan membangun email list sebelum terlambat.

%d bloggers like this: