HomeMarketing

Manfaat Menggunakan Fitur Live Chat Pada Website Properti

Manfaat Menggunakan Fitur Live Chat Pada Website Properti
Like Tweet Pin it Share Share Email

Anda tentu pernah mengunjungi website properti yang menampilkan sebuah menu dengan tulisan “Chat Us”, “Were Online” atau “Tanyakan kepada kami”.  itu yang dinamakan dengan Live Chat,

Supaya pelanggan tidak melarikan diri dari website, banyak sekarang marketing atau perusahaan properti memilih untuk menambahan support live chat. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa, live chat dapat menyediakan jawaban yang dibutuhkan pelanggan secara cepat. Live chat sekaligus dapat membawa manfaat untuk staff dan keuntungan perusahaan.

Artikel ini menjelaskan beberapa manfaat apabila Anda menggunakan fitur Live Chat pada website Anda:

    1. Live Chat Menawarkan Kenyamanan Untuk Pelanggan

      Sebuah penelitian berjudul “Menjadikan Chat Proaktif Berfungsi” yang dilakukan oleh Forrester Research menyimpulkan bahwa:

      “Banyak pelanggan online menginginkan bantuan dari seseorang yang nyata (bukan jawaban otomatis) ketika mereka berbelanja online. Penelitian menunjukkan 44% pelanggan online mengakatan bahwa mendapatkan jawaban dari seorang layanan pelanggan secara live ketika sedang berbelanja online adalah salah satu fitur paling penting yang bisa ditawarkan oleh sebuah website.”

      Sistem chat online menyediakan akses bantuan kepada pelanggan secara waktu nyata. Sering kali, waktu yang pelanggan habiskan untuk menunggu jauh lebih kecil daripada sewaktu menelepon layanan pelanggan. Lagi pula, masa tunggu tersebut bisa dipakai pelanggan untuk mengerjakan hal-hal lain. Tambahannya lagi, pelanggan tidak perlu melewati ketidaknyamanan untuk menelepon dan melewati proses menyebalkan untuk memencet nomor demi memilih opsi-opsi tertentu.

      Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ATG Global Cunsomer Trend menemukan bahwa 90% pelanggan menganggap live chat sangat membantu. Sementara sebuah survey dari emarketer.com menyimpulkan bahwa 63% cenderung mengunjungi kembali sebuah website yang menawarkan live chat.

      “62% mengatakan bahwa mereka akan membeli lagi dari website yang menawarkan layanan live chat. Lebih lanjut, 38% responden mengatakan bahwa mereka jadi membeli dikarenakan oleh sesi chat itu sendiri. Sikap yang ditunjukkan oleh pelanggan ini semakin lazim ditemukan pada pelanggan yang belanja online setidaknya sekali seminggu.”

    2. Meningkatkan kesan fast response.

      Ada beberapa fitur Live Chat yang dapat Anda akses melalui aplikasi smartphone sehingga Anda dapat menjawab pertanyaan pelanggan yang berkunjung ke website dengan lebih mudah dan cepat. Apabila Anda telah fokus dengan pemasaran online, pastikan bahwa Anda sangat mementingkan pelayanan yang fast response terhadap pelanggan.

    3. . Live Chat Meningkatkan Penjualan

      Tren umum yang terjadi di kalangan pengguna forum marketing dan blog menunjukkan bahwa pada umumnya, menggunakan live chat di website dapat meningkatkan angka penjualan. Majalah Forbes melaporkan dalam sebuah penelitian baru:

      Pada tahun 2008, Wells Fargo mengadakan percobaan kedua dengan menggunakan online chat untuk menghasilkan penjualan, dan mereka dengan bangga melaporkan bahwa hasilnya sangatlah jelas. Angka kepuasan pelanggan yang tinggi dan peningkatan dua digit pada angka pembeli yang dikonversi menunjukkan nilai tambah dari teknologi ini.”

      Kuncinya terletak pada fakta bahwa pelanggan bisa melarikan diri dari proses membeli waktu mereka bingung, atau ketika memiliki pertanyaan yang tidak mendapatkan jawaban. Live chat berpotensi untuk menghilangkan hal ini, dan dapat menjamin bahwa keranjang belanja pelanggan sampai pada proses pembayaran.

    4. Live Chat Memberikan Bisnis Anda Keunggulan dari Pesaing-Pesaing Anda

      Sebuah penelitian baru dari TELUS International menemukan bahwa terdapat banyak bisnis penjual ritel kelas atas yang tidak menawarkan chat. Waktu Anda ingin mendapatkan keunggulan dalam persaingan di bisnis Anda, live chat adalah sebuah fitur penting yang website harus tawarkan dengan tujuan untuk menjadi kompetitif dan menjadi nomor satu. Kenyataannya, live chat menyediakan cara yang mudah untuk berhubungan dengan pelanggan yang membelanjakan banyak uang mereka online. Laporan dari E-Marketermenemukan bahwa:

      Kira-kira dua dari 10 responden live chat melakukan 75% dari belanja akhir tahun mereka secara online, dibandingkan dengan 14% pelanggan yang tidak melakukan chat. Lebih lanjut, 25% dari pelanggan yang chat melakukan 51% sampai 75% pembelian mereka di internet, dibandingkan dengan hanya 10% yang tidak menggunakan servis live chat.”

      Jika Anda masih juga belum yakin bahwa live chat cocok untuk bisnis Anda, Anda bisa membaca hasil penelitian yang dilakukan oleh Bold Chat ini. Penghematan biaya dan kenyamanan yang ditawarkan oleh live chat kepada baik staff dan pelanggan membuat live chat opsi yang layak dipertimbangkan, tetapi juga alat yang esensial untuk perusahaan yang tumbuh subur dengan cara memberikan layanan pelanggan yang hebat.

Yang perlu diingat bahwa pemasangan fitur Live Chat merupakan langkah awal untuk meningkatkan kemudahan layanan komunikasi antara Anda dengan pengunjung situs web Anda, karena amat disayangkan apabila banyak pengunjung web Anda yang butuh berkomunikasi namun pelayanan Anda masih lamban.

%d bloggers like this: